10 Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Wikipedia

Searching Wikipedia

Daftar pustaka adalah tulisan di akhir tulisan karya ilmiah yang berisikan sumber referensi yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah. Daftar tersebut berisikan nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun penerbitan atau publikasi.

Sumber daftar pustaka dapat berasal dari berbagai sumber. Baik itu dari sumber fisik atau yang disebut dengan offline atau cetak, ataupun berbentuk non fisik atau online dari internet.

Sumber dari internet dapat berasal dari bermacam sumber. Baik dari jurnal, blog, website atau situs pencari lainnya.

Berikut akan dibahas cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia sebagai salah satu mesin pencari yang sering digunakan oleh mahasiswa.

Manfaat Pembuatan Daftar Pustaka

Sebelum melangkah kepada cara membuat daftar pustaka dari Wikipedia, mari kita ketahui tujuan dan manfaat dari pembuatan daftar pustaka berikut ini.

  • Menunjukkan bahwa tulisan yang dibuat memiliki banyak rujukan sebagai bahan pemikiran berbagai pihak dalam pembuatannya. Hal ini menggambarkan bahwa tulisan bukan hanya berasal dari pemikiran penulis saja.
  • Daftar pustaka sebagai bahan rujukan atau arahan kepada pembaca untuk dapat melihat bahan pembanding maupun yang berkontribusi di dalam pembuatan karya tulis tersebut.
  • Keterangan identitas penulis akan dapat memperjelas kredibilitas informasi yang dijadikan rujukan. Selain itu tahun publikasi dapat digunakan sebagai gambaran apakah informasi yang diambil merupakan data yang masih relevan saat ini atau sudah ketinggalan zaman.
  • Daftar pustaka dapat menjadi gambaran kredibilitas dan kualitas penelitian. Semakin banyak referensi yang berbobot secara ilmiah maka akan semakin baik penelitian tersebut. Namun tetap harus diperhatikan relevansi data atau informasi yang menjadi rujukan dengan pokok pembahasan dalam tulisan yang dibuat.

Baca juga:

Apa Itu Wikipedia

Pembahasan pada tulisan ini adalah cara membuat kutipan referensi dari situs yang cukup populer, maka Anda perlu tahu apa itu Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedia online yang dapat dijadikan rujukan atas suatu informasi secara bebas. Wikipedia hadir dengan menawarkan berbagai kemudahan antara lain tersedia dalam berbagai bahasa dari banyak negara di dunia.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah Wikipedia menyediakan sarana bagi penggunanya untuk terlibat aktif berkontribusi dalam memberikan konten di dalamnya. Sementara bagi para penggunanya, Wikipedia menawarkan banyak keuntungan antara lain layaknya sebuah ensiklopedia. Situs ini menawarkan begitu banyak informasi yang dapat diakses dengan mudah.

Tidak heran Wikipedia menjadi salah satu rujukan bagi banyak akademisi dan pihak lainnya dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Terkait dengan hal penyusunan daftar pustaka, juga terdapat kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dan diikuti oleh penggunanya.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Wikipedia

Berikut 10 cara membuat Daftar Pustaka dari Wikipedia

1. Mengutip Melalui Tulisan Tangan

Unsur-unsur yang perlu dimasukkan ke dalam daftar pustaka adalah sebagai berikut:

  • Judul artikel
  • Judul publikasi
  • Nama penerbit atau perusahaan publikasi
  • Tanggal tulisan terakhir disunting atau diedit dalam format tanggal-bulan-tahun.
  • Nama situs publikasi
  • Tanggal akses tulisan dalam format tanggal-bulan-tahun
  • Alamat web tulisan (tanpa menyertakan ‘https://’)

2. Mencari Judul Tulisan atau Artikel yang Ingin Dikutip

Halaman Utama Wikipedia
  • Akses Wikipedia melalui situs https://www.wikipedia.org/
  • Klik ‘Topik’ pada kolom teks di bawah halaman, pilih ‘Search’
  • Pilih judul artikel yang diinginkan

3. Mencari Judul Artikel

Untuk mencari judulnya, Anda cukup melihat bagian yang bercetak tebal dan besar yang menandakan kalimat itu sebagai judul artikel.

4. Mencari Tanggal Penyuntingan Paling Akhir Sebuah Artikel

  • Geser ke bagian bawah halaman
  • Cari tanggal di samping teks “This page was last edited on” yang berada di bagian pojok kiri bawah halaman. Tanggal diperlukan dalam penulisan kutipan. Perhatikan hal berikut sebagai kaidah penulisan, yaitu Anda harus menyingkat nama bulan ke dalam tiga huruf diikuti dengan tanda titik (kecuali bulan Mei).

5. Catat Tanggal Saat Ini atau Saat Anda Mengutipnya

Tanggal halaman perlu dicantumkan pada bagian “Tanggal Akses” pada kutipan.

Baca juga:

6. Mencari URL Spesifik

Artikel pada Wikipedia memiliki alamat umum. Untuk itu Anda perlu mengetahui alamat artikel yang spesifik apabila Anda ingin mendapatkannya sewaktu-waktu. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Klik tautan “View History” pada bagian atas artikel
  • Di bawah tombol “Compare selected revisions”, klik tanggal terkini.
  • Klik alamat situs web pada bilah di bagian atas pada perambah untuk menandainya.
  • Tekan “Ctrl+C” (pada program Windows) untuk menyalin URL.

7. Membuat Kutipan

Berikut adalah format dalam membuat kutipan beserta dengan tanda bacanya. Urutannya adalah sebagai berikut “Judul Artikel”. Wikipedia. The Free Encyclopedia (atau Wikipedia Ensiklopedia Gratis untuk versi Bahasa Indonesia). Wikipedia. The Free Encyclopedia. Tanggal Penerbitan. Web. Tanggal akses, alamat situs web.

Pada pembuatan kutipan di sini, Anda harus selalu memperhatikan urutan disusun berdasarkan kata-kata yang diberi tebal dan hitam di atas. Jangan lupa juga selalu perhatikan tanda baca yang menyertai kata-kata tersebut.

Berikut adalah contoh dalam mengutip artikel Wikipedia mengenai Politik Indonesia yang diakses pada tanggal 20 April 2020 sebagai berikut:

“Politik Indonesia”. Wikipedia. Ensiklopedia Gratis. Wikipedia. Ensiklopedia Gratis. 20 April 2020. Web.20 April 2020. Id.wikipedia.org/w.index.php?title=Politik_indonesia

8. Mencantumkan Tulisan di dalam Teks

Apabila biasanya terdapat unsur nama terakhir dan penulis dan nomor halaman, pada kaidah ini Anda tidak mencantumkannya seperti demikian. Anda hanya harus menggunakan judul artikel sebagai kutipan di dalam teks pada bagian akhir kutipan tersebut.

Contoh daftar pustaka dengan mencantumkan tulisan dalam teks.

 “Politik Indonesia bercirikan kepada kearifan lokal bangsa yang turut membentuk tipe dan jenis pemerintahan Indonesia (Politik Indonesia”)”.

9. Menggunakan Peralatan Kutipan Wikipedia

Mengutip artikel dapat dilakukan langsung dengan mudah. Berikut cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia secara langsung berikut ini:

  • Akses web Wikipedia di https://www.wikipedia.org.
  • Cari artikel yang Anda butuhkan. Ketik judul artikel pada kolom teks di bagian bawah halaman dan tekan ENTER, kemudian pilih artikel yang Anda butuhkan.
  • Gunakan segmen “TOOLS” yang berada di bagian kiri halaman.
  • Klik “Cite this page”. Segmen ini berada di bagian bawah segmen “Tools”. Setelah itu daftar berbagai format penulisan kutipan untuk artikel yang Anda pilih.

10. Cara Menyalin Kutipan

Klik dan geser kursor pada kutipan yang Anda pilih, kemudian tekan “CTRL+C” untuk menyalinnya. Cara lainnya adalah Anda dapat meletakkan kutipan pada segmen “Referensi” atau “Sumber” dengan menekan “Ctrl+V”.

Hasil yang didapatkan adalah munculnya kutipan yang diawali oleh frasa “Wikipedia contributors” sebagai nama penulis. Frasa ini dapat Anda cantumkan atau hapus sebelum ditambahkan kutipan pada segmen “Referensi”.

Baca juga:

Penutup

Meskipun Wikipedia sangat populer di kalangan mahasiswa sebagai mesin pencari jurnal atau artikel, namun Anda harus ingat bahwa kaidah dan aturan penulisan kutipan harus tetap diperhatikan. Semoga tulisan cara menulis daftar pustaka dari Wikipedia ini dapat membantu Anda saat membuat karya tulis ilmiah yang berbobot dan berkualitas.