7 Bidang Pekerjaan Sarjana Ilmu Ekonomi

Konsultasi Perusahaan

Ilmu Ekonomi mempelajari mengenai cara-cara pemanfaatan sumber daya yang digunakan dengan manfaat semaksimal mungkin. Pendidikan Tinggi mengenal Ilmu Ekonomi sebagai salah satu program studi yang termasuk di dalam Fakultas Ekonomi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis di beberapa perguruan tinggi saat ini).

Ada kesan bahwa jurusan yang satu ini memiliki peluang kerja lebih terbatas dibandingkan jurusan lainnya di Fakultas Ekonomi seperti Ilmu Manajemen ataupun Akuntansi. Anggapan demikian tidaklah tepat.

Wawasan dan pengetahuan Anda akan jurusan yang satu ini akan bertambah melalui informasi prospek kerja jurusan ilmu ekonomi berikut ini.

1. Konsultan Perencanaan dan Pengembangan Ekonomi Wilayah

Apakah Anda tahu bagaimana merancang suatu wilayah? Pada dasarnya perencanaan pembangunan tidak terbatas hanya pada sektor infrastruktur saja seperti jalan, perumahan maupun perkantoran. Begitu banyak aspek yang harus dirancang secara terintegrasi untuk menghasilkan strategi pengembangan wilayah yang diharapkan.

Pada jurusan ilmu ekonomi, Anda akan mendapatkan mata kuliah yang mendukung terhadap perencanaan pembangunan dan pengembangan suatu wilayah. Ini pada dasarnya dipicu oleh penciptaan sektor ekonomi penduduk serta wilayah yang sangat kondusif.

Ilmu-ilmu yang akan Anda dapat seperti Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro, Ekonomi Regional dan  Ekonomi Pembangunan. Juga Ekonomi Publik, Statistik dan Ekonometrika sebagai contohnya.

Untuk menjadi seorang Konsultan Ekonomi Pembangunan Wilayah, Anda dapat mengambil konsentrasi studi Ekonomi Wilayah, Ekonomi Perancangan dan Pembangunan, Ekonomi Bisnis dan Industri dan Ekonomi Kependudukan. Sementara lembaga konsultan banyak tersebar di sektor swasta baik dalam maupun luar negeri.

Baca juga:

2. Bekerja di Sektor Publik atau Pemerintahan

Ilmu Ekonomi dahulu lebih dikenal dengan nama Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP). Saat ini, masih ada beberapa fakultas ekonomi di perguruan tinggi tanah air yang masih menggunakan nama tersebut.

Sesuai namanya, maka aspek pembangunan teritorial secara integratif melibatkan beberapa sumber daya yang menjadi perhatiannya. Sumber daya-sumber daya tersebut meliputi sektor masyarakat atau penduduk, bisnis sektor swasta ataupun pemerintah serta kebijakan pemerintah terkait perencanaan tersebut.

Dalam hal ini, pihak pemerintah adalah otoritas paling berwenang untuk melakukan perencanaan dan perancangan pengembangan kawasan. Ini dimulai dari lingkup terkecil seperti kelurahan, kota hingga nasional.

Bekerja di instansi pemerintah menjadi salah satu lowongan kerja bagi sarjana jurusan ilmu ekonomi. Instansi-instansi yang dapat menjadi tempat para sarjana Ilmu ekonomi untuk berkarya seperti Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) dan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Sektor pemerintahan lainnya yang juga tepat adalah di sektor keuangan. Jurusan Ilmu Ekonomi juga mempelajari tentang lalu lintas uang secara makro yang sangat terkait dengan kebijakan dan peraturan yang dijalankan oleh pemerintah.

Saat berkuliah nanti, Anda akan mendapatkan mata kuliah yang mendukung seperti Ekonomi Moneter, Ekonomi Makro, Ekonomi Mikro. Juga Ekonometrika, Ekonomi Regional, Ekonomi Industri serta Ekonomi Internasional.

Instansi Pemerintah yang cocok bagi seorang lulusan jurusan Ilmu Ekonomi seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kementerian Keuangan. Khususnya di bidang Fiskal dan yang terkait dengan Analisis Kebijakan.

Sementara pada lembaga kementerian, prospek kerja terbuka pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Desa. Juga Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan juga beberapa Lembaga pemerintah terkait di dalam kementerian-kementerian tersebut.

3. Perbankan

Kasir Bank

Prospek kerja jurusan ilmu ekonomi adalah perbankan. Sektor perbankan membutuhkan jasa dan keahlian seorang sarjana ilmu ekonomi. Bidang yang dapat dimasuki seperti operasional dan manajerial perbankan, bagian investasi dan analis ekonomi.

Jangan takut bersaing dengan jurusan lainnya yang terkesan lebih mudah diterima seperti Akuntansi. Anda perlu tahu, bahwa di dunia perbankan, banyak sekali sarjana teknik yang meniti karir di dunia yang identik dengan mahasiswa lulusan Fakultas Ekonomi ini.

Sekali lagi Anda perlu tahu, bahwa kecepatan Anda dalam mempelajari sesuatu sangat berpengaruh terhadap diri Anda di dunia pekerjaan. Tentunya ini berhubungan dengan kualitas diri dan soft skill.

Baca juga:

4. Manajerial Perusahaan

Sarjana Ilmu Ekonomi juga dapat berkarir di dalam bidang bisnis praktis. Saat kuliah, jurusan Ilmu Ekonomi juga mendapatkan mata kuliah yang menunjang seperti Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, Perilaku Ekonomi dan Bisnis serta Koperasi (bervariasi di beberapa perguruan tinggi).

Seorang Sarjana Ilmu Ekonomi memiliki kemampuan memadai untuk bekerja di bidang manajerial suatu perusahaan. Ia akan mengetahui bagaimana mengelola bisnis perusahaan, mengembangkan organisasi baik dari sisi Sumber Daya Manusia, proses bisnis hingga pemasaran.

5. Dosen

Pengembangan ilmu dan pengetahuan membutuhkan peran seorang pengajar dan pendidik yang mumpuni. Bagi Anda yang memiliki minat untuk mengembangkan ilmu yang Anda miliki, maka profesi dosen akan sangat tepat bagi Anda.

Jurusan Ilmu Ekonomi memiliki peran tidak kecil dalam sumbangsihnya bagi kehidupan masyarakat. Tantangan kehidupan ekonomi individu, kelompok, korporasi hingga negara adalah beberapa hal yang sangat menarik.

Ini akan menjadi bekal pengetahuan mahasiswa sebagai generasi emas penerus bangsa. Pemikiran dan analisis sangat dibutuhkan untuk membantu menemukan permasalahan yang terjadi dalam bidang ekonomi tersebut.

Hal yang bernilai sangat mulia apabila Anda dapat menjadi dosen yang akan mendorong mahasiswa Anda berpikir kritis dan solutif. Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa atau lingkungan kampus saja, tetapi juga masyarakat luas kelak.

Baca juga:

6. Wirausaha

Dengan minat yang dimiliki, seorang sarjana Ilmu Ekonomi juga dapat menerjuni bidang bisnis atau menjadi seorang wirausahawan. Ditunjang dengan pengetahuan teori yang didapat melalui mata kuliah Pengantar Bisnis, Koperasi, Pengantar Manajemen, Manajemen Keuangan, Pengantar Komunikasi Bisnis dan Perilaku Ekonomi dan bisnis.

Beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mendukung minat Anda menjadi seorang wirausahawan. Hal-hal tersebut seperti mengembangkan networking semasa kuliah, mencoba memulai usaha kecil-kecilan di luar waktu belajar dan terus belajar dari wirausahawan lainnya yang telah sukses. Semuanya itu tentu akan semakin memperkuat modal Anda untuk menjadi seorang wirausahawan selepas lulus nanti.

7. Peneliti

Membaca Laporan Ekonomi

Begitu banyak permasalahan yang terjadi di sekeliling masyarakat yang membutuhkan solusi konkrit demi kehidupan lebih baik. Permasalahan itu tersebar di berbagai bidang, namun tetap mengarah kepada faktor manusia sebagai entitas utama sebagai pelaku maupun subyek dari upaya peningkatan kesejahteraan tersebut. Tidak terkecuali dari sisi ekonomi, ini sangat erat berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Jurusan Ilmu Ekonomi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jurusan lainnya dalam hal bidang penelitian ini. Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi akan mendapatkan materi-materi kuliah yang mengarah kepada esensi atau dasar dari suatu perekonomian.

Mata kuliah yang mendukung antara lain Manusia dan Masyarakat Indonesia, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Industri, Ekonomi Sektor Publik, Ekonomi SDA dan Lingkungan. Juga Ekonomi SDM dan Ketenagakerjaan, Perilaku Ekonomi dan Bisnis, Metode Penelitian, Sejarah Pemikiran Ekonomi dan Sistem Ekonomi, Ekonomi Politik dan masih banyak lagi.

Pekerjaan jurusan Ilmu Ekonomi di bidang penelitian tersebar pada instansi atau lembaga. Instansi ini bisa di sektor pemerintah maupun swasta.

Penutup

Prospek kerja Jurusan Ilmu Ekonomi ternyata sangat luas dan beragam. Hal menarik adalah Anda akan memiliki pemahaman mendasar dan analisis perekonomian yang lebih tajam dibandingkan jurusan lainnya.

Semuanya ini akan mampu menjadikan Anda bernilai lebih di berbagai bidang kerja baik pemerintah maupun swasta. Juga dalam skala nasional bahkan internasional.