Tips Agar Tidak Gugup Saat Sidang Skripsi

Sidang Skripsi

Setelah sekian lama bergulat menyusun skripsi bersama dosen pembimbing, berkutat dengan data dan menemui berbagai halangan, saatnya Anda sebagai mahasiswa tingkat akhir akan menempuh sidang skripsi sebagai tahap akhir seluruh kegiatan perkuliahan.

Sidang skripsi kadang terasa menyeramkan bagi sebagian mahasiswa. Hasil karya Anda akan diuji oleh dosen-dosen senior. Apalagi kalau Anda kebagian penguji yang terkenal ‘galak’ dan ‘sulit’’, dijamin akan membuat Anda menjadi gugup saat menjalani sidang.

Padahal kegugupan dapat berdampak buruk dalam persiapan sidang Anda. Bagaimana cara menjalani tahapan akhir yang sangat menentukan ini dengan lancar? Simak tips agar sidang skripsi tidak gugup dalam tulisan berikut ini.

1. Persiapan Materi

Penguasaan materi skripsi merupakan langkah pertama tips agar sidang skripsi tidak gugup. Hal ini sebaiknya Anda lakukan beberapa hari sebelum waktu sidang agar lebih persiapan Anda lebih matang, idealnya antara 1 hingga 2 minggu sebelumnya.

Berikut penjelasannya di bawah ini.

a. Kuasai Materi Skripsi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah skripsi Anda. Kini skripsi Anda sudah mendapatkan persetujuan dari seluruh dosen pembimbing. Tapi bagaimana dengan diri Anda sendiri, apakah Anda sudah menguasai seluruh materi dan memahaminya dengan baik?

Pemahaman dan penguasaan seluruh isi materi akan membuat Anda merasa percaya diri. Dengan percaya diri, Anda akan dapat memaparkan skripsi dengan mantap. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat Anda jawab dengan meyakinkan.

Untuk itu Anda harus terus menerus mengulang membaca skripsi Anda hingga mendapatkan pemahaman yang komprehensif. Tetap berdiskusi dengan dosen pembimbing atau dosen yang mengampu mata kuliah terkait materi skripsi Anda untuk memperkaya pengetahuan Anda.

Baca juga: 7 Cara Efektif Menghadapi Dosen Pembimbing Yang Sibuk

b. Kenali Dosen Penguji

Pelajari seperti apa karakter dosen penguji Anda. Baik untuk mengantisipasi tipikal pertanyaan yang akan diajukan dan bagaimana sebaiknya Anda menghadapi mereka saat sidang nanti.

Setiap penguji memiliki karakteristik pribadi dan keilmuan yang berbeda-beda. Ada yang terasa sulit dan menyulitkan mahasiswa yang diuji, ada yang terasa mudah dan malah cenderung membantu peserta.

Ada yang sangat detil dengan redaksional skripsi sehingga kesalahan typo sekecil apapun akan menjadi perhatiannya. Ada juga yang sangat menjunjung tinggi teori keilmuannya dalam setiap pertanyaan sehingga Anda dituntut harus menguasai bidang studi dengan lebih mendalam agar dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.

 c. Tingkatkan Skill Presentasi

Paling tidak satu bulan sebelum sidang Anda harus dengan serius belajar melakukan hal-hal berikut :

  • Berlatih berbicara di depan orang banyak
    Dengan menggunakan materi presentasi skripsi, Anda dapat berlatih memaparkannya di hadapan teman-teman Anda. Latihlah pemaparan poin-poin materi secara runtut dan sistematis.
    Selain itu Anda harus dapat melakukan pengucapan dengan jelas. Penyampaian yang tidak terburu-buru dan intonasi suara yang tepat akan sangat membantu penampilan Anda secara keseluruhan.
  • Berlatih tanya jawab
    Ajak teman-teman Anda berperan sebagai penguji. Minta mereka mempelajari sekilas skripsi Anda dan menyiapkan pertanyaan-pertanyaan sebanyak mungkin. Semakin banyak Anda berlatih tidak hanya membuat Anda lebih memahami materi skripsi, tetapi juga membantu Anda melatih teknik menjawab pertanyaan secara tepat.

d. Buat Materi Presentasi yang Baik

Hal-hal yang harus terkandung di dalam presentasi yang baik adalah sebagai berikut :

  • Susun secara sistematis sesuai format skripsi
  • Tidak bertele-tele, to the point
  • Gunakan warna-warna yang lembut, jangan terlalu kontras
  • Hindari pemakaian elemen atau gambar yang berlebihan
  • Kemas dengan desain yang elegan.

2. Persiapkan Mental Anda

Ada sisi lain yang tidak kalah penting agar Anda dapat menghadapi sidang skripsi dengan tenang. Berikut tips agar sidang skripsi berjalan dengan lancar dari sisi pribadi Anda.

a. Tetap Lakukan Kegiatan Positif Anda

Melakukan kegiatan positif seperti hobi Anda, bersosialisasi dengan teman-teman yang diisi dengan obrolan positif akan membantu Anda merasa rileks. Ketenangan hati akan sangat membantu kesiapan mental Anda menjelang sidang.

b. Banyak Diskusi dengan Kakak Angkatan atau Teman Anda yang Sudah Melewati Sidang Skripsi

Pengalaman mereka yang sudah berhasil melewati sidang akan sangat berguna untuk bekal persiapan Anda. Baik itu yang berhasil lulus di sidang pertama ataupun yang harus menjalani lebih dari satu kali sidang bahkan lebih. Pengalaman-pengalaman yang ada akan menambah persiapan Anda menghadapi sidang.

c. Timbulkan Sugesti Positif

Sugesti Positif

Bersikap positif lebih mengarah kepada keyakinan diri dan bukan rasa percaya diri yang berlebih sehingga terkesan sombong. Bentuk sugesti positif lain adalah mengedepankan selalu rasa optimis dan bukan pesimis. Perasaan negatif hanya akan membuat Anda cemas, dan perasaan ini sangatlah berbahaya dalam kesiapan mental Anda.

d. Jaga Kondisi dan Kesehatan

Jaga baik-baik kesehatan Anda. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi dan berolah raga teratur. Kondisi fisik prima akan menunjang kekuatan mental Anda sebelum menjalani sidang.

e. Berdoa

Tidak ada tempat untuk memohon selain kepada Tuhan. Anda dapat berusaha melakukan persiapan dengan sangat matang namun pasrahkan apapun hasil hanya kepada-Nya.

Hal ini akan menimbulkan perasaan tenang saat Anda menjalani persiapan dan saat sidang nanti. Jangan lupa minta doa yang sama dari orang tua, saudara dan teman-teman Anda.

Baca juga: 10 Cara Cepat Menyelesaikan Skripsi dalam Satu Bulan

3. Persiapan Hari-H

Agar sidang skripsi berjalan dengan lancar, maka persiapan pada hari pelaksanaan ujian sidang haruslah lengkap. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan berhubungan dengan persiapan hari-H ujian skripsi.

a. Datang lebih awal

Dengan datang lebih awal maka Anda akan memiliki kesempatan untuk lebih baik mempersiapkan diri. Satu jam sebelum sidang adalah waktu yang tepat untuk beradaptasi dengan kondisi ruangan sidang.

Anda akan punya cukup waktu untuk menenangkan diri Anda. Perasaan terburu-buru hanyalah akan membuat Anda lebih gugup dan membuat semua persiapan Anda menjadi berantakan.

b. Cek Persiapan Fasilitas Sidang

Apabila diperbolehkan Anda dapat membantu petugas untuk mengecek kesiapan peralatan penunjang sidang.

Apakah LCD Projector bekerja dengan baik? Bagaimana dengan sound system dan mic-nya? Apakah Anda memerlukan spidol dan papan tulis atau flip chart?

Kesiapan sarana penunjang akan sangat membantu jalannya sidang dengan lancar.

c. Jangan Lupa Sarapan

Jangan sepelekan urusan perut di saat-saat seperti ini. Anda membutuhkan kesiapan mental dan juga fisik. Sidang akan menguras pikiran Anda, oleh karena itu Anda harus cukup mengisi perut Anda untuk menjaga stamina tetap prima.

d. Jangan Baca Skripsi Anda

Membaca skripsi

Hari pelaksanaan sidang adalah saat di mana Anda sebaiknya sudah tidak lagi memegang dan membaca skripsi Anda. Belajar seharusnya sudah dijalankan jauh-jauh hari sebelum saatnya sidang.

Hari-H adalah saat Anda sedikit bersantai dan berusaha fokus memikirkan bagaimana agar dapat menghadapi penguji dengan tenang dan meyakinkan. Terus membaca materi dalam skripsi Anda hanya akan membuat Anda merasa selalu ada yang kurang dalam persiapan. Hal ini malah akan dapat menambah kegugupan Anda saat sidang nanti.

Baca juga: 9 Cara Menyusun Judul Penelitian yang Cocok bagi Mahasiswa S1

e. Jaga Penampilan Anda

Pilih pakaian yang pantas saat sidang. Sebaiknya kenakan pakaian formal seperti kemeja lengan panjang dan celana kain. Jangan lupa sepatu yang tepat seperti pantofel atau sejenisnya.

Meski terkesan sepele namun penampilan Anda akan dapat berpengaruh kepada rasa percaya diri Anda. Selain itu juga untuk menghindari penilaian subyektif para penguji apabila dirasakan ada yang tidak pantas dari penampilan Anda.

Penutup

Melalui tulisan ini Anda dapat mengetahui tips agar sidang skripsi tidak gugup yang akan memperbesar keyakinan dan rasa percaya diri Anda dalam menghadapi tahap yang sangat menentukan ini.

Ingat, kuncinya adalah bagaimana menjaga diri Anda agar tetap tenang sebelum dan saat sidang. Persiapkan diri dan hadapi sidang skripsi dengan tenang.