10 Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Tulisan ini merupakan kontribusi Muhammad Akhsan dari MitraBibitAyam.com.

Mahasiswa di Peternakan Ayam

Jurusan peternakan adalah jurusan yang mempelajari hewan ternak sebagai komoditas pada skala industri. Contoh hewan ternak yang dimaksud antara lain ayam, kambing, sapi, hingga kelinci.

Mereka yang mempelajari peternakan akan memahami sejarah dunia peternakan, cara beternak yang baik, hingga inovasi-inovasi yang telah dilakukan para ilmuwannya. Dengan pengetahuan tersebut, mereka bisa melakukan berbagai hal ketika sudah lulus kuliah.

Karena itu, jangan takut menekuni bidang peternakan bila passion Anda memang di sini. Masa depan Anda tak akan jadi suram hanya karena Anda lulusan peternakan.

Tak percaya? Silakan simak 10 prospek kerja jurusan peternakan di bawah ini.

1. Membangun Peternakan Sendiri

Bagi Anda yang memiliki jiwa entrepreneurship, Anda dapat mencoba membangun usaha sendiri.  Apalagi bila Anda sejak kecil sudah familiar dengan dunia peternakan.

Misalnya, Anda tinggal di desa. Anda lahir dari keluarga petani yang nyambi sebagai peternak ayam petelur.

Setelah mendapatkan ilmu yang memadai di universitas, tak ada salahnya mengembangkan usaha ayah dan ibu Anda. Terapkanlah semua ilmu yang Anda pelajari dan kobarkan semangat wirausaha Anda.

Dengan berwirausaha dan mudahnya mendapatkan bibit ayam petelur, Anda bisa menafkahi diri dan keluarga. Selain itu, Anda juga akan membantu negara karena menyerap tenaga kerja yang selama ini mungkin sulit mendapatkan pekerjaan.

Baca juga:

2. Menjadi PNS

Pada berbagai formasi pendaftaran CPNS, tak jarang muncul lowongan untuk mereka yang berijazah S1 hingga S3 peternakan. Jadi bila Anda merasa tidak punya passion untuk menjadi pengusaha, coba saja mendaftar menjadi pegawai pemerintah.

Tentu saja, ada banyak keuntungan menjadi PNS. Misalnya saja penghasilan tetap, tunjangan di hari tua, hingga asuransi kesehatan yang terdaftar secara otomatis.

Jadi, bila Anda tertarik menjadi PNS dengan pekerjaan di bidang peternakan, persiapkan diri mulai sekarang. Misalnya, dengan membaca buku latihan soal psikotes, tes potensi akademik, dan sebagainya.

3. Bekerja di Perusahaan Peternakan Swasta

Industri Peternakan

Tak diterima menjadi PNS bukanlah akhir dari segalanya. Masih banyak prospek kerja jurusan peternakan yang lain. Misalnya, bekerja di perusahaan swasta.

Anda juga bisa mendapatkan gaji yang layak dan berbagai asuransi kesehatan yang memadai lho. Selain itu, dengan bekerja di perusahaan swasta, Anda juga bisa terpicu untuk membangun usaha sendiri.

Sebab Anda dapat belajar pada pimpinan Anda secara langsung. Siapa tahu setelah cukup lama bekerja, Anda bisa pulang ke kampung dan mendirikan usaha peternakan yang sama.

4. Bekerja ke Luar Negeri

Pekerjaan di bidang peternakan adalah pekerjaan yang bisa ditemukan di mana-mana. Lowongan kerja pada bidang ini pun terbuka lebar untuk berbagai kalangan.

Apalagi di negara maju yang industri peternakannya sudah sangat baik seperti Australia dan Selandia Baru. Karena itu, bukan hal yang aneh bila Anda berminat bekerja ke luar negeri dengan ijazah jurusan peternakan.

Selain akan mendapatkan gaji yang lebih banyak, Anda juga bisa mempelajari sistem yang berlaku di negara-negara tersebut. Siapa tahu, ada banyak ilmu dan cara berpikir baru yang kelak bisa Anda terapkan di Indonesia.

5. Menjadi Konten Kreator

Lulus kuliah jurusan peternakan ingin jadi YouTuber? Loh, kenapa tidak? Coba buka YouTube dan carilah channel yang membahas dunia peternakan.

Di Indonesia, belum banyak channel seperti itu. Namun di luar negeri, channel dengan tema tersebut sudah banyak dan cukup ramai. Jadi, tak ada salahnya Anda mengisi kekosongan yang ada dengan menjadi youtuber.

Anda bisa membuat channel tentang tips merawat binatang, kehidupan di peternakan, hingga perkembangan ternak yang Anda rawat. Pekerjaan ini juga bisa Anda mulai sebagai sampingan dulu.

Misalnya, Anda membuat konten tiap hari minggu dan saat libur. Barulah setelah channel Anda sukses, Anda bisa berpikir menjadi YouTuber full time.

Baca juga:

6. Bekerja di Lembaga Penelitian Peternakan

Bagi Anda yang sangat suka dengan sains dan bercita-cita menjadi ilmuwan, cobalah melamar di lembaga penelitian peternakan swasta atau pemerintah. Pasalnya, lembaga-lembaga penelitian itu memerlukan orang yang ahli di bidang peternakan.

Jadi jangan lewatkan prospek kerja jurusan peternakan seperti ini. Aktiflah di grup lowongan kerja untuk S1 ke atas.

Selain itu, kembangkan juga jaringan Anda ke teman-teman kuliah. Sebab untuk lowongan seperti ini, Anda memang harus mencari di grup yang spesifik. 

7. Bekerja di Industri Pakan Ternak

Seseorang yang lulus dari jurusan peternakan juga bisa bekerja di industri pakan ternak. Pakan, sebagaimana yang kita tahu adalah salah satu kebutuhan esensial hewan ternak. Pakan menentukan hasil panen sekaligus ongkos yang harus dikeluarkan.

Bila Anda lebih tertarik dengan hal-hal seperti ini, maka carilah informasi tentang perusahaan yang memproduksi pakan. Anda bisa memanfaatkan Google untuk kemudian mencari informasi lowongan kerja di perusahaan-perusahaan tersebut.

Jadi, sekiranya mereka membutuhkan tenaga yang kualifikasinya cocok, Anda bisa langsung mengirimkan lamaran.

8. Membuka Bisnis Pakan Ternak Sendiri

Memberi Makan Ternak

Tertarik dengan industri pakan ternak tapi tak mau jadi karyawan? Bila demikian adanya, kenapa tidak mencoba membangun usaha pakan sendiri?

Mulailah prospek kerja jurusan peternakan ini dengan modal yang kecil dulu.

Misalnya, Anda tinggal di desa. Dan Anda tahu banyak tetangga Anda membutuhkan pakan untuk ternak ayam kampungnya. Namun, mereka malah membeli pakan yang biasa diberikan untuk ayam non kampung.

Menyadari hal ini, Anda bisa membuat pakan sendiri dari bahan organik. Selain murah, pakan Anda lebih eco-friendly dan bebas dari bahan kimia. Anda pun bisa memasarkannya untuk mereka yang beternak ayam kampung di perkotaan.

Baca juga:

9. Menjadi Pengajar

Pengajar adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Para pengajar, baik itu guru maupun dosen berdedikasi memberikan ilmunya untuk para siswa. Mereka adalah pencetak generasi bangsa yang selanjutnya menentukan arah negeri ini.

Bila Anda ingin menjadi pengajar, ketahuilah bahwa lulusan peternakan pun bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Anda bisa menjadi dosen setelah mengambil S2 atau menjadi guru di sekolah kejuruan khusus.

Selain itu, Anda juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar di berbagai lembaga yang menyediakan kursus peternakan.

10. Menjadi Penulis

Penulis dan peternakan? Ya, kenapa tidak?! Bila Anda suka menulis sekaligus dunia peternakan, kombinasikan saja kedua hal tersebut.

Anda bisa menulis berbagai macam tulisan terkait tema peternakan. Misalnya menulis buku tentang cara beternak, membuat cerita anak mengenai hewan-hewan ternak, hingga membuat novel romansa dengan setting dunia peternakan.

Ada banyak lho cerita yang sukses yang mengangkat tema peternakan. Salah satunya adalah kartun Shaun the Sheep. Cerita kartun tersebut sederhana namun ternyata sangat mengena sehingga disukai berbagai kalangan di penjuru dunia.

Penutup

Kuliah di bidang peternakan memiliki prospek yang cukup menjanjikan di masa depan. Anda bisa menjadi pengusaha, PNS, YouTuber, hingga dosen. Pilih saja salah satu dari 10 prospek kerja jurusan peternakan yang disebut di atas.

Setelah itu, berusahalah meraih cita-cita yang sudah Anda impikan. Belajarlah yang tekun dan aktiflah mencari informasi lowongan kerja yang sedang buka. Meski tak mudah, percayalah bahwa Anda pasti bisa mewujudkannya.