12 Manfaat Blogging Bagi Mahasiswa

Kegiatan Blogging

Tulisan ini adalah kontribusi Herman Yudiono dari Bloggingmo.

Raditya Dika mengawali karirnya sebagai penulis novel dengan membuat blog pribadi. Yodhia Antariksa, seorang blogger profesional pun mula-mula hanya mengelola blog sederhana.

Kedua nama tersebut telah membuktikan bahwa dunia blogging bukan dunia ecek-ecek belaka. Jadi bila Anda masih berstatus mahasiswa, kenapa tak mencoba menggeluti bidang ini?

Sebagai mahasiswa Anda punya banyak sekali privilese untuk menggeluti dunia blogging. Anda masih memiliki banyak waktu luang, bebas dari tuntutan ekonomi keluarga, hingga masih berenergi besar!

Untuk memotivasi Anda membuat blog, berikut ini 12 manfaat blogging bagi mahasiswa.

1. Meningkatkan Skill

Tahukah Anda bahwa nasib seseorang di dunia kerja sangat ditentukan oleh skill dan koneksi daripada nilai akademik? IPK memang sering menjadi syarat pendaftaran di sebuah perusahaan.

Akan tetapi, daya tawar Anda saat interview pasti berkaitan dengan keterampilan yang dimiliki. Begitu juga ketika kelak Anda sudah diterima. Promosi yang Anda dapatkan sangat dipengaruhi oleh skill yang dipunya.

Sebagai aktivitas yang berkaitan dengan dunia maya, blogging merupakan sebuah skill yang bermanfaat. Apalagi untuk skill digital marketing.

2. Memperoleh Pendapatan Sampingan

Selain menambah keterampilan, aktivitas blogging juga bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang. Sebagai mahasiswa, pemasukan sampingan tentu menggiurkan.

Ada beberapa strategi supaya blog bisa menghasilkan uang. Anda bisa memasang iklan adsense atau bekerja sama dengan pihak ketiga yang ingin memasang iklan.

Namun tentu saja, kualitas blog harus ditingkatkan. Begitu juga dengan jumlah pengunjung yang harus cukup ramai. Misalnya, 1.000 pengunjung per hari.

Baca juga:

3. Tidak Mudah Terkena Hoaks

Awas Berita Hoaks

Salah satu manfaat blogging yang juga sangat penting adalah Anda tak mudah terkena hoaks! Loh, kenapa begitu?

Sebab ketika Anda masuk dalam dunia blogging, Anda akan sadar bahwa tidak semua tulisan di dunia maya ditulis dari sumber yang terpercaya. Orang-orang yang tidak ahli di bidangnya pun bisa mempublikasikan tulisan yang seolah benar.

Anda akan menyadari hal ini sebab Anda menjadi bagian dari komunitas yang menerbitkan konten di jagad internet. Jadi, Anda akan bisa bersikap lebih kritis ketika mendapati opini-opini kontroversial.

4. Menambah Wawasan

Selain meningkatkan keterampilan mengenai cara mengelola blog, Anda juga akan mendapatkan wawasan di topik yang Anda angkat. Sebab suka tidak suka, Anda harus menggeluti bidang itu bila ingin blog berkembang.

Contohnya, Anda membuat blog tentang gadget bagi kalangan milenial. Anda suka sekali menulis mengenai review ponsel-ponsel yang digandrungi di Indonesia.

Sudah pasti Anda harus mempelajari ponsel yang akan direview tersebut terlebih dahulu. Dan secara tidak langsung, hal itu akan membuat wawasan Anda semakin kaya.

5. Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Bermanfaat

Momen-momen kuliah adalah momen di mana waktu luang Anda sebenarnya masih cukup banyak. Apalagi bila dibandingkan ketika kelak Anda sudah bekerja.

Di saat menjadi mahasiswa inilah, Anda punya kesempatan lebih besar untuk melakukan kegiatan yang sesuai passion. Jadi bila Anda memang suka membuat blog, tak ada salahnya memanfaatkan masa-masa ini untuk hobi tersebut.

Toh, daripada Anda mengisi waktu dengan kegiatan yang tidak berfaedah?! Misalnya menghabiskan waktu untuk shopping dan aktivitas hedon lainnya. Akan lebih baik bila Anda menyempatkan diri mengasah kemampuan blogging.

Baca juga:

6. Melebarkan Koneksi

Bukan cuma Anda yang suka dengan dunia blogging. Di Indonesia terdapat sangat banyak komunitas blogging yang bisa Anda ikuti. Bahkan komunitas  internasional pun bisa diakses di media sosial seperti Facebook.

Dengan memasuki bidang ini, Anda bisa melebarkan koneksi. Kelak, ketika sudah lulus kuliah, koneksi seperti ini bisa sangat membantu Anda mencari kerja lho. Misalnya saja pekerjaan yang terkait dengan dunia digital seperti content writer dan SEO analyst.

7. Berlatih Menjadi Web Designer atau Penulis Profesional

Kegiatan Menulis

Apakah Anda bercita-cita menjadi web designer hingga penulis profesional? Jika iya, Anda bisa melatih diri sejak sekarang dengan membuat blog pribadi.

Bila Anda ingin menjadi penulis profesional, berlatihlah menulis Blogspot atau WordPress. Bila Anda ingin menjadi web designer, belajarlah utak-atik tema di blog sendiri dulu.

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Pelan namun pasti, Anda akan bisa meraih yang Anda harapkan dengan manfaat blogging ini.

8. Menjadi Lebih Bijak dengan Komentar Netizen

Ketika Anda membuat blog, akan selalu ada peluang tulisan atau konten yang Anda publikasikan dikomentari netizen. Apalagi bila blog Anda sudah ramai dan punya peminat tersendiri di fanspage media sosial.

Dihadapkan pada keadaan ini, mau tak mau tentu Anda harus bisa menanggapinya dengan dewasa. Kritik, saran, bahkan cibiran perlu direspon dengan baik bila Anda ingin reputasi yang positif di jagad maya.

Disadari atau tidak, hal ini bisa melatih mental Anda. Anda bisa belajar menjadi lebih bijak ketika berinteraksi dengan orang lain. Anda juga tidak akan mudah bersikap nyinyir sebab Anda tahu perilaku tersebut sangatlah negatif.

9. Sebagai Catatan untuk Masa Depan

Beberapa dari Anda mungkin tidak tertarik membuat blog untuk mendapatkan uang. Anda juga tak begitu berambisi menjadi penulis atau web designer profesional. Anda hanya ingin membuat blog sebagai wadah curhat.

Tentu keinginan tersebut tak bisa disalahkan. Keinginan seperti itu pun bukan berarti tak berfaedah sama sekali. Toh, dengan menulis catatan tentang apa yang Anda pikirkan selayaknya buku harian, Anda jadi punya jurnal pribadi.

Jurnal ini bisa Anda baca seiring bertambahnya usia. Anda pun bisa mewariskannya ke anak cucu kelak asalkan blog tersebut tidak terhapus.

10. Meningkatkan Kedisiplinan

Agar sebuah blog bisa berkembang dengan baik, Anda tentu harus disiplin. Anda harus tertib menerbitkan konten yang bagus secara kontinyu. Bila tidak? Tentu blog Anda tak akan berkembang.

Pengunjung akan terus menurun. Mereka pun cenderung gak betah di blog Anda karena kontennya tak ada yang baru.

Jadi, mau tak mau Anda harus berlaku disiplin. Meskipun bukan hal yang mudah, namun bila Anda berhasil mengubah sikap menjadi lebih disiplin, Anda akan memperoleh manfaat sangat besar ke depannya.

Baca juga:

11. Meningkatkan Kesabaran

Mengelola sebuah blog bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila Anda memiliki target-target tertentu untuk diraih. Misalnya, Anda ingin mendapatkan pengunjung 5.000 per hari atau Anda ingin bisa gajian dari AdSense setiap bulannya.

Bukan hanya sulit karena harus berkompetisi dengan web lain, Anda pun harus waspada dengan perubahan algoritma Google yang sewaktu-waktu terjadi. Malah, Anda juga perlu waspada dengan serangan dari kompetitor yang bertindak curang.

Berbagai tantangan ini, meskipun menyulitkan namun juga memberikan manfaat blogging tersendiri. Anda jadi harus lebih sabar ketika menghadapi kesulitan dalam meraih capaian-capaian besar tersebut.

12. Melatih Kemampuan Berpikir Strategis

Kemampuan berpikir strategis adalah kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan tindakan yang tepat dan efisien. Manfaatnya bikin seseorang lebih sigap menghadapi situasi yang sulit.

Dengan mengembangkan blog, Anda bisa meningkatkan kemampuan berpikir ini. Contohnya saja dalam hal tulisan.

Anda tak bisa sekadar membuat tulisan sebanyak mungkin bila ingin blog berkembang. Anda pun harus belajar cara-cara yang tepat dan efisien dengan membuat tulisan yang ramah SEO dan nyaman dibaca.

Penutup

Ada sangat banyak manfaat blogging bagi mahasiswa. Anda bisa meningkatkan wawasan, keterampilan, hingga sikap yang baik. Dan mumpung Anda masih muda, berbagai hal tersebut bisa benar-benar berarti ke depannya.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai langkah kecil ini sekarang juga. Biar terkesan sepele, siapa tahu nantinya Anda bisa sukses seperti Raditya Dika!

Tentang Penulis

Herman Yudiono adalah blogger profesional dan pendiri Bloggingmo. Di blog tersebut ia berbagi strategi blogging untuk bisnis dan ebook gratis Obat Malas Menulis.