9 Cara Belajar Efektif di Perguruan Tinggi

Mendengarkan Dosen

Menjadi mahasiswa sangat berbeda dengan murid yang masih di bangku sekolah. Pola belajar menjadi salah satu hal penting yang harus Anda pahami.

Belajar tidak hanya mengenai membaca buku atau mendengarkan dosen di ruang kuliah. Ada beberapa hal yang terkait dalam menunjang kelancaran studi Anda. Berikut adalah cara belajar efektif di perguruan tinggi.

1. Baca Materi Satu Hari Sebelum Kuliah

Membaca materi kuliah sebelumnya akan membantu mempercepat pemahaman Anda. Salah satu ciri Anda sudah cukup memahami adalah munculnya pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut tentang materi. Catatlah pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk disampaikan kepada dosen saat kuliah.

Hal yang mungkin menghambat Anda dalam mengajukan pertanyaan adalah diri Anda sendiri. Di Indonesia, budaya bertanya saat belajar memang masih sangat minim. Malu, segan, cari muka, dianggap sok pintar atau sebaliknya, dianggap bodoh menjadi cap yang disematkan kepada mereka yang rajin bertanya.

Di sinilah kedewasaan Anda diuji. Jangan ragu melakukan sesuatu yang benar. Segera pesiapkan pertanyaan-pertanyaan dan ajukan kepada dosen tanpa ragu.

2. Siapkan Materi Tambahan atau Pendukung

Jangan hanya terpaku pada buku teks saja. Cari materi lain yang dapat mendukung penambahan pengetahuan Anda dan memperdalam materi dalam buku.

Saat ini sudah sangat banyak sumber referensi mengenai segala hal di internet. Usahakan juga dapat mencari materi pendukung lain yang bersifat temporer atau faktual terkait materi.

Contohnya Anda akan menghadapi pembahasan Prinsip Pareto dalam ekonomi. Anda dapat mencari contoh artikel yang membahas dari produk apa yang menjadi sumber pendapatan terbesar dari sebuah bank, kemudian ajukan contoh tersebut kepada dosen Anda.

Pertanyaan Anda kemungkinan besar akan dijelaskan secara panjang lebar oleh dosen di depan kelas. Hal ini akan membantu pemahaman Anda dan teman-teman yang lebih komprehensif lagi.

3. Lebih Rajin Membaca

Rajin Membaca

Kalau Anda seorang yang gemar membaca, maka saat menjadi mahasiswa Anda harus lebih ‘gila’ lagi membaca. Membaca menjadi kunci cara belajar efektif di perguruan tinggi.

Tidak hanya bagi jurusan mahasiswa yang relatif menuntut lebih banyak menghafal seperti Ilmu Kedokteran dan Ilmu Hukum, tetapi juga secara keseluruhan mahasiswa dituntut untuk rajin membaca.

Membaca tidak hanya buku materi kuliah saja. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan melalui referensi lainnya. Ingat bahwa penambahan pengetahuan dan wawasan Anda tidak kalah penting dibanding penguasaan materi itu sendiri.

Baca juga: 6 Tips Belajar untuk Mahasiswa Baru

4. Rajin Mencatat

Mencatat dapat dilakukan terutama pada dua kesempatan, yang pertama adalah saat mengikuti penyampaian materi di ruang kuliah. Seringnya dosen menyampaikan sesuatu yang tidak terdapat di dalam buku teks. Informasi berharga inilah yang harus Anda catat selama mengikuti kuliah.

Yang kedua adalah saat membaca materi dari referensi penunjang selain buku teks. Catatlah poin-poin yang terkait di dalam buku catatan Anda. Catatan-catatan itu akan menambah memperkaya khasanah kelimuan dan pengetahuan Anda akan suatu topik pembahasan.

5. Rajin Berdiskusi

Anda tidak dapat belajar sendiri untuk memahami banyak hal dari seluruh mata kuliah dalam perkuliahan. Untuk itu selain melalui membaca, Anda juga harus terbiasa melakukan diskusi dengan orang-orang yang tepat.

Diskusi menjadi salah satu cara belajar efektif di perguruan tinggi. Namun ingat, bahwa tidak semua teman Anda layak untuk dijadikan teman berdiskusi. Tentunya mereka yang serius untuk saling bertukar pikiran dan lebih menguasai materi akan menjadi keuntungan bagi Anda.

Buatlah kelompok diskusi dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama. Pilih waktu dan tempat untuk diskusi rutin. Selain itu Anda juga dapat meminta dosen atau senior Anda yang mumpuni untuk diajak diskusi bersama sewaktu-waktu untuk menambah referensi dan memperluas tambahan wawasan.

6. Pertajam Analisa, Bukan Hanya Menghafal

Sebagai mahasiswa, Anda harus terbiasa dengan cara berpikir kritis. Berpikir kritis dapat diawali dengan pemikiran skeptis akan suatu hal atau topik pembahasan. Tidak berhenti di situ, Anda harus lanjutkan dengan mencari hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang muncul.

Rasa ingin tahu yang besar akan mendorong Anda untuk menggali lebih banyak referensi guna mendukung penemuan jawaban Anda. Pola pikir seperti inilah yang akan membuat Anda terbiasa dalam memahami berbagai topik pada seluruh mata kuliah.

Berpikir analitis akan membantu Anda mempercepat pemahaman. Anda akan lebih mudah menghafal suatu hal bukan karena kata per kata dalam suatu kalimat, tetapi karena makna yang terkandung di dalamnya. Anda akan lebih mudah menginterprestasikan sesuatu dengan gaya bahasa Anda sendiri tanpa kehilangan esensi kalimat atau topik tersebut.

7. Perbanyak Latihan Soal Tes

Anda akan menemui banyak bentuk tes dalam perkuliahan. Dari mulai Quiz, Tes Mingguan, Ujian Tengah Semester (UTS) sampai Ujian Akhir Semester (UAS).

Biasanya soal-soal tes tersebut memiliki pola yang mirip. Untuk itu Anda dapat menanyakan soal-soal tes yang pernah diikuti oleh teman Anda atau senior Anda.

Kumpulkan soal-soal tersebut kemudian berlatihlah menjawabnya. Anda dapat kembangkan dengan berlatih menggunakan angka atau subjek yang berbeda untuk lebih menguasai. Jangan lupa tanyakan kepada pihak yang menguasai topik tersebut, bisa teman, senior ataupun dosen Anda.

Baca juga: 10 Cara Terbaik Belajar Mata Kuliah Yang Sulit

8. Rajin Berlatih Menulis Karya Tulis Ilmiah

Rajin Menulis

Beberapa tugas dalam perkuliahan berbentuk karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah memiliki standar dan format penulisan yang baku yang harus Anda kuasai. Latihlah dengan menulis format karya tulis ilmiah pada laporan atau tugas Anda.

Membuat karya tulis ilmiah akan sangat membantu membentuk pola pikir yang runtut dan sistematis. Bagian-bagian di dalam karya tulis akan sangat mendukung kemampuan menuangkan buah pikiran Anda ke dalam tulisan.

Selain itu, terbiasa menyusun karya tulis ilmiah akan memudahkan Anda menyusun skripsi yang jauh lebih kompleks dibandingkan tulisan ilmiah biasa. Ini akan menjadi kebiasaan yang baik.

9. Manajemen Waktu

Buatlah daftar kegiatan bulanan Anda. Utamakan mencantumkan jadwal kuliah dan kegiatan lainnya yang Anda ikuti. Buatlah secara detil meliputi tanggal, hari, jam dan tempatnya.

Daftar kegiatan akan sangat membantu Anda mengetahui kapan Anda memiliki waktu untuk belajar. Ingat bahwa tugas utama Anda adalah belajar. Manfaatkanlah waktu-waktu luang yang tersedia untuk hal-hal yang bermanfaat untuk mendukung kuliah Anda.

Pengaturan waktu kegiatan akan sangat mendukung dalam cara belajar efektif di perguruan tinggi. Yang harus dilakukan adalah konsisten menjalankannya dan tidak hanya menjadi tempelan hiasan di meja belajar.

Baca juga:

Penutup

Pelajari dengan baik cara belajar efektif di perguruan tinggi ini. Dalam perjalanannya, Anda akan menemukan cara-cara lain yang dapat membantu kegiatan perkuliahan Anda. Jangan ragu untuk mencoba bereksperimen dalam mencari cara-cara baru tersebut, karena setiap orang adalah unik dan memiliki cara tersendiri yang juga tidak kalah efektifnya.